Polres Badung Menjaga Kondusifitas Kamtibmas Pilkada 2024 Melalui Jum’at Curhat

13 September 2024 10:58:57 Wita | 11 views
Gambar

Polres Badung Menjaga Kondusifitas Kamtibmas Pilkada 2024 Melalui Jum’at Curhat



Mangupura - Dalam upaya menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang Pilkada 2024, Kepolisian Negara Republik Indonesia meluncurkan program Jum'at Curhat yang merupakan salah satu program unggulan dari Kapolri (Program Beyond Trust Presisi), Kegiatan Jumat Curhat ini dirancang untuk mempererat komunikasi antara polisi dan masyarakat serta mengatasi berbagai masalah yang mungkin timbul seiring dengan proses pilkada 2024.  Kegiatan kali ini dilaksanakan oleh Polres Badung bersama warga Banjar Belulang yang berlokasi di Balai Banjar Belulang, Kel. Kapal, Kec. Mengwi, Kab. Badung, Bali. Jumat (13/9/24) pagi. 


Jum'at Curhat merupakan forum interaktif yang dilaksanakan setiap hari Jumat, masyarakat dapat menyampaikan keluhan, masukan, serta bertanya langsung kepada pihak kepolisian tentang isu-isu terkait keamanan dan pilkada maupun yang lainnya. Program ini bertujuan untuk mencegah terjadinya potensi konflik serta memastikan bahwa proses pilkada berjalan dengan aman dan damai.


Kapolres Badung, AKBP Teguh Priyo Wasono, S.I.K., melalui Kasat Narkoba Polres Badung  AKP I Nyoman Sudarma, S.H., M.H., menjelaskan bahwa Jum'at Curhat merupakan salah satu langkah preventif untuk memastikan bahwa semua pihak terlibat dalam menjaga keamanan dan ketertiban. “Melalui program ini, kami berharap dapat mendengarkan langsung kekhawatiran dan harapan masyarakat. Dengan dialog terbuka, kami dapat lebih cepat menanggapi isu-isu yang mungkin muncul dan mencegah potensi gangguan keamanan,” ungkap AKP Sudarma dengan didampingi KBO Satnarkoba Polres Badung IPDA Kadir Suharman, Kanit Bhabinkamtibmas Satbinmas Polres Badung IPDA I Wayan Cok Yudyawan, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kapal Aiptu I Wayan Sudiarta yang dihadiri Kelihan Adat Banjar Belulang I Ketut Suteja, Kaling Banjar Belulang Agus Eka Pradnyana Putra, Masyarakat Banjar Beluluang serta sejumlah mahasiswa dari universitas Bali Internasional.


Selama pelaksanaan Jum'at Curhat, masyarakat dari tingkat Banjar dan Desa diajak untuk turut serta berkontribusi menjaga situasi tetap kondusif  karena dalam waktu dekat akan dilaksanakan perhelatan politik Pilkada Serentak Tahun 2024, diharapkan  masyarakat menyikapi dengan arif dan bijaksana, "Pilihan boleh berbeda tetapi jangan sampai terjadi perpecahan, Pilkada hanya sebentar saat pemungutan, yang perlu kita pikirkan adalah dampak dari pemilu itu karena berpengaruh terhadap situasi ekonomi jika situasi tidak kondusif." tambah AKP Sudarma. 


Program ini mendapat sambutan positif dari berbagai elemen masyarakat di Badung khususnya warga Banjar Belulang. Sejumlah warga mengaku merasa lebih nyaman dan terjamin setelah adanya forum ini, karena mereka merasa suaranya didengar dan permasalahan mereka diperhatikan dengan serius oleh pihak kepolisian.


Jum'at Curhat diharapkan menjadi jembatan yang efektif antara aparat keamanan dan masyarakat, serta mendukung terciptanya suasana Pilkada 2024 yang aman, damai, dan kondusif. Polres Badung berkomitmen untuk terus berinovasi dalam menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat menjelang pilkada mendatang sampai pelaksanaan Pilkada 2024 di nyatakan Selesai. (hms/13/9).