Bersama Pecalang Bhabinkamtibmas Ciptakan Keamanan Menjelang Pemilukada 2024

05 October 2024 16:23:37 Wita | 9 views
Gambar


Polda Bali – Polres Karangasem – Polsek Sidemen. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwasanya keamanan yang tercipta di masing masing Desa Adat yang ada di Bali pada khususnya tidak terlepas dari peran penting yang dilakukan oleh Pecalang. Namun, tidak demikian dengan warga Bali. Pecalang sendiri bisa dikatakan polisi adat Bali. Seperti halnya Polisi atau satpam, pecalang juga bertugas menjaga ketertiban, keamanan dan juga kerap mengawasi kelancaran acara adat.


Dengan batasan tugas yang dimiliki oleh pecalang, yaitu berwenang hanya di daerah adatnya dan untuk masyarakat adatnya. Maka kerja sama wajib dilakukan, seperti terlihat saat Bhabinkamtibmas desa Sangkan Gunung Aiptu I Nyoman Darma dengan pecalang melakukan pengaturan demi lancarnya arus lalu lintas di desa adat Sangkan Gunung. Dimana pada saat tersebut telah berlangsung Upacara adat.


Kebersamaan yang terlihat ini dipandang perlu untuk dilakukan, mengingat dimana kegiatan dimaksud memang berada di pinggir jalan utama. Disamping menciptakan kelancaran bagi pengguna jalan keselamatan umat yang melakukan peribadatan menjadi prioritas utama polri yang di bantu oleh pecalang adat. Dengan kehadiran polri dan masyarakat, harapan dalam menciptakan keamanan bersama dapat terwujud.