Sebagai Wujud Syukur Atas Segala Anugerah Tuhan, Personel Polsek Banjar Menggelar Upacara Ngerasakin

06 October 2024 11:08:26 Wita | 25 views
Gambar

Polda Bali - Polres Buleleng, Bertepatan dengan hari raya Kuningan, Personel Polsek Banjar yang Beragama Hindu melaksanakan Upacara Ngerasakin di Pura Padmasari Polsek Banjar, Sabtu siang (5/10/2024).


Kapolsek Banjar Kompol Dr I Gede Putu Semadi, S.I.P.,M.Pd., mengungkapkan ritual Upacara Ngerasakin ini adalah tradisi yang telah berlangsung sebagai ungkapan rasa syukur atas atas rezeki dan anugerah yang telah dilimpahkan oleh Ida Sang Hyang Widhi Wasa kepada kita semua.


"Untuk upacara yang kita lakukan ini sedikit berbeda dengan upacara yang lain karena tidak menggunakan pewaran atau wuku seperti upacara lain, namun menggunakan tanggal masehi yaitu setiap tanggal 5 Oktober dan kebetulan hari ini bertepatan dengan hari raya Tumpek Kuningan", terang Kapolsek.


Ritual Upacara Ngerasakin dengan sarana babi guling dan banten lainnya ini dipuput oleh pemangku Pura Padmasari Jro Mangku Putu Pariawan dan dihadiri oleh para pejabat utama dan personel Polsek Banjar yang beragama Hindu.


"Disamping sebagai bentuk keyakinan perwujudan rasa syukur atas segala anugerah Ida Sang Hyang Widhi Wasa Tuhan yang Maha Kuasa ritual ini juga untuk memohon kemudahan dan kelancaran terhadap pelaksanaan tugas-tugas kita dalam memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat", Pungkasnya.