Bhabinkamtibmas dan Pecalang Kawal dan Amankan Upacara Pengabenan yang Digelar oleh Warga Desa Adat Tampekan

05 October 2024 09:37:47 Wita | 18 views
Gambar

Polda Bali - Polres Buleleng, Sebagai wujud pelayanan Polri kepada masyarakat, Bhabinkamtibmas Desa Tampekan Polsek Banjar Aiptu Gede Artana melaksanakan pengamanan terhadap pelaksanaan Upacara Ngaben (Pitra Yadnya) yang digelar oleh warga  Desa Adat Tampekan Kecamatan Banjar, Buleleng, Jumat (4/10/2024).


Kapolsek Banjar Kompol Dr I Gede Putu Semadi, S.I.P.,M.Pd. mengatakan Pengamanan yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas merupakan salah satu wujud pelayanan nyata kepolisian kepada masyarakat yang mempunyai kegiatan keagamaan yang selaras dengan konsep Mebraya yang sudah menjadi ciri khas kehidupan sosial masyarakat Bali.


"Kehadiran Bhabinkamtibmas di tengah-tengah warga masyarakat yang sedang menggelar ritual keagamaan dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan agar kegiatan dapat berjalan dengan aman,tertib,lancar dan kondusif", ungkapnya.


Disamping Pengamanan Bhabinkamtibmas Aiptu Gede Artana bersama Pecalang Desa Adat Tampekan juga melakukan pengawalan terhadap iring-iringan warga saat bergerak dari rumah duka menuju lokasi upacara di setra (kuburan) Desa Adat Tampekan.


"Dengan pengaman ini kita harapkan masyarakat yang melaksanakan maupun yang mengikuti upacara merasa aman sehingga mereka bisa lebih fokus terhadap ritual upacara yang dilaksanakan", Pungkasnya.