Puluhan Personel Polres Badung Amankan Kegiatan Melasti Desa Adat Kapal ke Pura Pantai Batu Mejan

28 September 2024 11:13:19 Wita | 11 views
Gambar

Puluhan Personel Polres Badung Amankan Kegiatan Melasti Desa Adat Kapal ke Pura Pantai Batu Mejan



Mangupura - Puluhan personel dari Kepolisian Resor (Polres) Badung dikerahkan untuk mengamankan kegiatan Melasti yang dilaksanakan oleh Desa Adat Kapal, Kecamatan Mengwi. Prosesi Melasti yang diikuti oleh ribuan warga ini berlangsung dengan tujuan menuju Pura Pantai Batu Mejan di Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara. Kabupaten Badung, Sabtu (28/09) pagi mulai pukul 03.30 Wita.


Untuk memastikan keamanan dan kelancaran prosesi yang diikuti oleh ribuan warga Kapal tersebut, Polres Badung menerjunkan puluhan personel di berbagai titik sepanjang jalur yang dilalui Pengamanan ini dilakukan secara terpadu, melibatkan unsur kepolisian, pecalang (keamanan adat), serta instansi terkait lainnya. 


Kapolres Badung melalui Kabagops Kompol I Gede Suarmawa, SH. menyatakan bahwa pihaknya fokus pada pengaturan lalu lintas, pengamanan peserta, serta menjaga ketertiban agar acara berjalan khidmat dan aman.


"Pengamanan ini sangat penting mengingat banyaknya peserta yang ikut serta, serta jalur prosesi yang melibatkan penggunaan jalan umum. Kami ingin memastikan tidak ada gangguan, baik dari segi keamanan maupun lalu lintas, agar prosesi ini bisa berjalan dengan lancar," ujar Kompol Gede Suarmawa dalam keterangannya.


Pengamanan yang oleh Polres Badung dalam kegiatan Melasti ini menunjukkan komitmen pemerintah dan aparat kepolisian untuk menjaga ketertiban selama acara-acara besar keagamaan. Prosesi Melasti yang melibatkan ribuan orang ini menuntut perhatian ekstra dari segi pengamanan karena adanya potensi risiko terkait kerumunan massa dan penggunaan jalan umum. Keterlibatan personel Polres Badung secara langsung membantu memastikan kelancaran prosesi, khususnya dalam hal lalu lintas dan ketertiban umum.


"Kita akan lakukan pengamanan sampai kembalinya rombongan melasti warga Desa Adat Kapal dari pantai Batu Mejan."Pungkas Kompol Suarmawa. (hms)