Bhabinkamtibmas Negari Pengamanan Ngeroras di Tegal Besar

19 September 2024 12:00:13 Wita | 5 views
Gambar

Bhabinkamtibmas Desa Negari, Polsek Banjarangkan Aiptu I Wayan Sudarma melaksanakan sambang sekaligus pengamanan kegiatan upacara Atma Wedana ( Ngeroras) di Dusun Tegal Besar, Negari, Banjarangkan, Klungkung (19/9/2024).

Kegiatan pengamanan ini sudah menjadi kewajiban bagi petugas Bhabinkamtibmas untuk selau hadir di desa binaan, baik untuk menjaga situasi Kamtibmas maupun menjalin kemitraan dengan masyarakat guna menyerap informasi dari masyarakat terkait situasi kamtibmas di desa binaanya.

Kegiatan ini diawali dengan kegiatan upacara ngening, kemudian, dilaksanakan kegiatan upacara Purwa Daksina dan dilanjutkan kegiatan puncak Ngeroras, yang diikuti jumlah peserta sebanyak 47 sawa yang rangkaian upacara ini dipuput oleh Ida Pedanda Gede Kemenuh Tulikup Gianyar dibantu jro mangku setempat. 

Bersinergi dengan Babinsa TNI dari koramil 1610 Banjarangkan serta pecalang setempat melaksanakan pengamanan untuk memastikan acara berjalan lancar tanpa gangguan.Bhabinkamtibmas juga berkoordinasi dengan panitia pelaksana, tokoh adat, dan pihak terkait lainnya untuk membahas rencana pengamanan dan area yang perlu mendapatkan perhatian khusus.

Selain hadir dan Bhabinkamtibmas juga melakukan pengamanan, Bhabinkamtibmas juga menyerap informasi perkembangan situasi Kamtibmas serta memberikan imbauan kamtibmas dan mengajak masyarakat bersama-sama untuk aktif berperan serta dalam menjaga situasi Kamtibmas menjelang Pilkada serentak tahun 2024.


Ditemui secara terpisah Kapolsek Banjarangkan AKP I Made Sutika mengatakan bahwa sudah menjadi kewajiban bagi petugas Bhabinkamtibmas untuk hadir dan melakukan pengamanan kegiatan di desa binaanya.


"Bhabin diharapkan bersinergi dengan Babinsa TNI maupun pecalang setempat untuk memastikan kegiatan bisa berjalan dengan aman dan lancar"ucapnya.