Serap Aspirasi Masyarakat, Kapolsek Banjar Melalui Bhabinkamtibmas Menggelar Kegiatan Jum'at Curhat di Desa Tirtasari

20 September 2024 10:40:21 Wita | 22 views
Gambar

Polda Bali - Polres Buleleng, Kapolsek Banjar Kompol Dr. I Gede Putu Semadi, S.I.P., M.Pd. diwakili oleh Bhabinkamtibmas Desa Tirtasari Aiptu Ketut Wijana kembali menggelar kegiatan "Jum'at Curhat" untuk menerima curhatan dan aspirasi warga, Jumat (20/9/2024).


Kegiatan Jum'at Curhat Polsek Banjar kali ini berlangsung di TK Widya Sari Desa Tirtasari Kecamatan Banjar, Buleleng yang dihadiri oleh Kepala dan guru pembina TK , orang tua / Wali anak-anak TK Widya Sari, serta Klian Dusun setempat.


Dalam kegiatan tersebut, Bhabinkamtibmas Desa Tirtasari mewakili Kapolsek Banjar disamping menerima aspirasi juga memberikan tanggapan terhadap beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh warga diantaranya tentang Lakalantas dan Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang mana bayak warga enggan melapor karena takut diketahui oleh orang banyak.


Menanggapi apa yang disampaikan oleh warga terkait lakalantas Aiptu Ketut Wijana pun menerangkan secara rinci terkait peristiwa lakalantas yang tidak maupun yang mendapat santunan jasa Raharja berikut cara pengurusan santunan yang mana salah satu syaratnya adalah Laporan Polisi.


"Untuk pengajuan klaim santunan jasa Raharja pada korban lakalantas yang tertanggung harus ada laporan Polisi," ungkapnya.


Kemudian terkait dengan permasalahan KDRT, Bhabinkamtibmas menjelaskan bahwa untuk penyelesaian kasus KDRT tidak musti harus melalui proses hukum namun juga bisa diselesaikan dengan cara musyawarah kekeluargaan atau mediasi di tingkat desa melalui forum sipandu beradat dan di kepolisian pun sekarang sudah ada yang namanya Restoratif Justice yaitu penyelesaian perkara melalui mediasi dengan melibatkan pihak-pihak terkait, untuk itu ia pun meminta warga untuk tidak ragu atau takut melapor apabila menemukan arau mengalami tindakan kekerasan dalam rumah tangga.


"Jadi ibu-ibu yang sekiranya ada permasalahan KDRT, jangan ragu untuk melapor boleh kepada Klian Adat atau Klian Dusun, Perbekel atau kami selaku Bhabinkamtibmas untuk kita carikan solusi melalui  mediasi dan musyawarah bersama," jelasnya.


Sementara itu ditempat terpisah Kapolsek Banjar Kompol Dr. I Gede Putu Semadi, S.I.P., M.Pd. saat dikonfirmasi mengatakan Jumat Curhat adalah program kapolri saat ini dalam rangka menghadirkan sosok anggota polri yang peduli dan proaktif terhadap segala aspirasi, permasalahan-permasalahan yang ada dimasyarakat.


"Dari kegiatan interaksi dua arah ini kita bisa mengetahui secara langsung permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat untuk kita carikan solusi bersama," kata Kapolsek Banjar.


Kompol Semadi juga menyampaikan melalui kegiatan jumat curhat ini, pihaknya juga sering mendapat saran, masukan maupun kritik yang sifatnya membangun dari masyarakat terkait dengan kamtibmas dan pelayanan kepolisian.


"Kami harapkan masyarakat tidak ragu dalam memberikan saran, masukan, dan kritik yang sifatnya membangun kepada kami untuk kami jadikan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan dan peningkatan pelaksanaan tugas kami kedepannya," Pungkasnya.