Sat Polairud Polres Karangasem Melaksanakan Patroli Dialogis Di Pesisir Tulamben Kec. Kubu Pantau Aktivitas Masyarakat

06 October 2024 22:03:13 Wita | 7 views
Gambar

Polda Bali – Polres Karangasem – Sat Polairud

Ditengah situasi kunjungan wisata yang terus meningkat dan aktivitas masyarakat mulai berangsur-angsur normal,  aktivitas ekonomi di pesisir mulai menggeliat. Untuk menjaga momen ini terus terjaga PS. Kasubnit Lidik Sat Polairud Polres Karangasem Aipda I Gede Nuada S.H., melaksanakan patrol dialogis dengan pemandu wisata serta memantau  situasi pesisir diseputaran Pesisir kec. Kubu tepatnya di pesisir kawasan wisata Tulamben Minggu, (6/10/2024).

PS. Kasubnit Lidik Sat Polairud Polres Karangasem pada kesempatan ini  menyambangi pesisir kawasan wisata Tulamben  untuk melaksanakan tugas rutin memantau situasi kamtibmas, melaksanakan deteksi dini terhadap kemungkinan gangguan kamtibmas yang timbul melakukan, melaksanakan dialogis dan  pendekatandan dengan masyarakat yang beraktivitas di pesisir tulamben dan  memberikan himbauan kepada masyarakat terkait situasi kamtibmas yang berkembang. Dari  pantauan pesisir Tulamben Kec Kubu terpantau aktivitas masyarakat nelayan sudah sepi sebagian nelayan yang masih beraktifitas terpantau beristirahat usai merapikan alat tangkap ikan Tongkol. hasil dialogis dengan masyarakat pesisir  Tulamben diperoleh informasi untuk secara umum masyarakat pesisir tulamben sudah merasakan peningkatan kunjungan wisata yang cukup berdampak terhadap pendapatan mereka, ini dikarenakan Sebagian masyarakat yang berkecimpung di bidang pariwisata sudah Kembali beraktivitas secara normal. Personel yang bertugas juga mengajak masyarakat pemandu wisata untuk meningkatkan kewaspadaanandan selalu berpedoman pada SOP yang berlaku dalam memandu wisata khususnya saat diperairan. Bagi Masyarakat yang menembak ikan dikawasan tulamben juga disampaikan setiap aktifitas dalam pencarian ikan di laiut supaya tetap waspada dan memperhatikan keselamatan dan kelestarian trumbu karang dan biota laut lainnya. Mengingat pantai Tulamben yg terkenal karena obyek wisata alam bawah lautnya yg indah maka perlu dijaga kelestariannya dengan tidak menangkap ikan di seputaran lokasi diving sebagaimana di atur dalam aturan desa adat setempat, sehingga hal itulah yg menjadi perhatian dan penekana petugas dalam giat himbauan kepada masyarakat pencari ikan.

Terkait kunjungan wisatawan PS. Kasubnit Lidik yang memantau langsung Kawasan wisata tulamben menjelaskan kunjungan wisatawan yang menikmati dive di perairan Tulamben sudah cukup ramai dan hadir dalam kelompok-kelompok kecil pada beberapa poin dive untuk menikmati liburan di Tulamben .

Secara umum situasi pesisir Kubu aman - terkendali dan Masyarakat beraktivitas normal, dan cuaca cerah serta perairan landau sangat mendukung aktivitas wisatawan dan masyarakat.