Jaga Kamtibmas Jelang Pilkada 2024, Bhabinkamtibmas Ajak Warga Tidak Terprovokasi Berita Hoax

08 October 2024 10:53:40 Wita | 2 views
Gambar

Jaga Kamtibmas Jelang Pilkada 2024, Bhabinkamtibmas Ajak Warga Tidak Terprovokasi Berita Hoax



Mangupura - Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Polsek Petang - Polres Badung melalui Bhabinkamtibmas Desa Getasan Aiptu I Gusti Ngurah Subrata dan  Bhabinkamtibmas Desa Pelaga Ipda I Made Sandi, melaksanakan kegiatan sambang kepada warga di Br Tengah, Desa Getasan dan Desa Pelaga, Kec Petang, Kab Badung. Senin (7/10/24) Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat agar tidak terpengaruh oleh berita hoax yang dapat memecah belah persatuan.


Kapolsek Petang, AKP I Dewa Ketut Suriyawan, S.Sos, menyampaikan pentingnya kesadaran masyarakat dalam menyaring informasi yang beredar di media sosial. “Di tengah persiapan Pilkada, banyak sekali informasi yang tidak benar atau hoax yang beredar. Kami mengajak warga untuk lebih cermat dan kritis dalam menerima berita,” ungkapnya seijin Kapolres Badung AKBP Teguh Priyo Wasono, S.IK saat dikonfirmasi.


Dalam sosialisasi tersebut, Bhabinkamtibmas juga memberikan edukasi tentang cara mengenali berita palsu/hoax, serta langkah-langkah yang bisa diambil jika menemukan informasi yang mencurigakan serta mengajak warga binaan agar tidak mudah terprovokasi hoax serta mengajak masyarakat mendukung kinerja Polri dalam memelihara Kamtibmas menjelang pemilu 2024 dan menolak segala hoax dan ujaran kebencian berbau SARA yang bisa memecah belah persaudaraan.


“Jika ada berita yang tidak jelas sumbernya, sebaiknya dicek terlebih dahulu. Jangan mudah terprovokasi dan sebarkan informasi yang belum tentu kebenarannya,” tambah AKP Dewa Suriyawan.


Warga Desa Getasan dan Desa Pelaga menyambut baik inisiatif ini. Salah satu warga, Ibu Ni Ketut Warti, mengaku merasa lebih waspada setelah mendapatkan informasi tersebut. “Saya jadi lebih hati-hati dalam membagikan berita di media sosial. Kita harus jaga kedamaian di desa ini,” ujarnya.


Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat dapat berperan aktif dalam menciptakan suasana yang kondusif menjelang Pilkada 2024, sehingga pelaksanaan pemilihan dapat berjalan dengan aman dan lancar. Polsek Petang berkomitmen untuk terus melakukan patroli dan mengedukasi masyarakat dalam menjaga Kamtibmas. (hms/8/10).