Polisi Mebraya, Bhabinkamtibmas Desa Dencarik Amankan Pelaksanaan Upacara Dewa Yadnya yang Digelar oleh Warga Binaan

11 September 2024 12:04:11 Wita | 46 views
Gambar

Polda Bali - Polres Buleleng, Mebraya adalah istilah  untuk menggambarkan sikap saling membantu yang menjadi ciri khas orang Bali dalam kehidupan sosial maupun adat.


Istilah Mebraya juga dipergunakan oleh kepolisian Polres Buleleng dalam sebuah program yang dikenal dengan istilah Polisi Mebraya yang tujuannya adalah untuk menghadirkan sosok polisi yang bermasyarakat dan peduli terhadap kegiatan masyarakat baik yang sifatnya sosial, adat maupun keagamaan.
Seperti halnya yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Dencarik Polsek Banjar Aiptu Ketut Ariawan, Selasa (10/9/2024).


Berkolaborasi dengan Pecalang Desa Adat Dencarik, Bhabinkamtibmas Aiptu Ketut Ariawan melaksanakan pengamanan rangkaian dari Upacara Ngenteg Linggih di Pura Merajan Dadia Dalem Blambangan di Dusun Lebah Desa Dancarik Kecamatan Banjar, Buleleng.


"Untuk kegiatan saat ini yaitu Upacara Mendak Ida Bhatara," ucap Aiptu Ketut Ariawan saat ditemui disela-sela kegiatannya.


Sementara itu ditempat terpisah Kapolsek Banjar Kompol Dr. I Gede Putu Semadi, S.I.P., M.Pd., mengungkapkan pengamanan yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Dencarik tersebut merupakan wujud nyata pelayanan Polri kepada masyarakat.


"Dengan adanya pengamanan oleh Bhabinkamtibmas bersama Pecalang kita ingin memastikan agar kegiatan masyarakat dapat berlangsung dengan aman, tertib, lancar dan kondusif," ungkapnya.


Kompol Semadi juga mengatakan kehadiran Bhabinkamtibmas dalam berbagai kegiatan masyarakat juga bertujuan membangun komunikasi dua arah untuk mempererat hubungan antara polisi dan masyarakat dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.


"Dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif perlu adanya komunikasi dan kolaborasi antara kepolisian dengan seluruh elemen masyarakat oleh karenanya kita berharap kerjasama seperti ini dapat terus ditingkatkan untuk menciptakan rasa aman di tengah masyarakat,” Pungkasnya.