Sinergi Bhabinkamtibmas Kelurahan Kesiman dan Pecalang Amankan Kegiatan Upacara Melasti

01 September 2024 09:15:26 Wita | 10 views
Gambar


Pada hari Jumat (30/08/2024) pukul 13.00 wita, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kesiman Bripka I Wayan Artawa bersinergi bersama Pecalang Desa Adat Kesiman melaksanakan pengamanan Kegiatan Upacara Melasti yang diikuti oleh pemedek dari Banjar Kebonkuri Mangku menuju Pantai Padang Galak, Desa Kesiman Petilan. Upacara Melasti ini merupakan rangkaian Karya Mamungkah Ngenteg Linggih Padudusan Alit Wraspati Kalpa Lan Mupuk Pedagingan di Prahyangan Banjar Adat Kebonkuri Mangku, Desa Adat Kesiman.


Kegiatan Upacara Melasti tersebut menggunakan sejumlah kendaraan diantaranya 1 truk dan sekitar 30 kendaraan roda empat pribadi serta sekitar 50 kendaraan roda dua.


Bhabinkamtibmas Kelurahan Kesiman bersama Pecalang Desa Adat Kesiman berperan aktif dalam memastikan pelaksanaan kegiatan ini berjalan aman, tertib dan lancar. Pengamanan dilakukan di setiap persimpangan yang dilalui iring-iringan dengan melakukan pengaturan lalu lintas untuk mencegah kemacetan, mengawasi arus kendaraan yang mengikuti iring-iringan, serta menjaga keamanan di sepanjang rute perjalanan hingga tiba di lokasi kegiatan Upacara Melasti. 


Dengan adanya sinergi antara Bhabinkamtibmas Kelurahan Kesiman dan Pecalang Desa Adat Kesiman, kegiatan iring-iringan Melasti berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.