Kolaborasi Bhabinkamtibmas dan Pecalang Banjar Kehen: Amankan Upacara Ngaben

14 September 2024 09:30:31 Wita | 5 views
Gambar


Pada hari Minggu (08/09/2024) telah berlangsung prosesi upacara Ngaben warga Banjar Kehen, Ni Wayan Kulek (82 th) yang meninggal karena sakit. Upacara ini mendapat perhatian penuh dari Bhabinkamtibmas Desa Kesiman Petilan Aipda I Made Eka Wiarta, yang berkolaborasi dengan Pecalang Banjar Kehen yang melakukan pengamanan dalam rangka memastikan keamanan dan kelancaran Upacara tersebut.


Prosesi dimulai pukul 07.42 wita dengan upacara pemandian jenazah di rumah duka yang beralamat di Jln. Sulatri Gang XVII No. 2, Banjar Kehen, Desa Kesiman Petilan, yang dilanjutkan dengan upacara Ngaskara yang dipimpin oleh seorang sulinggih pada pukul 09.43 wita.


Pada pukul 12.50 wita, jenazah diberangkatkan ke Kuburan/Setra Tembawu, Jln. Gatsu Timur dengan menggunakan bade dan diiringi oleh warga Banjar Kehen. Bhabinkamtibmas Desa Kesiman Petilan bersama Pecalang Banjar Kehen melakukan atensi di setiap persimpangan jalan yang dilalui oleh iring-iringan prosesi upacara Ngaben. Langkah ini dilakukan untuk memastikan arus lalu lintas tetap tertib dan lancar, serta pergerakan  iring-iringan Prosesi aman dan lancar.


Kerja sama yang solid antara Bhabinkamtibmas dan pecalang menunjukkan komitmen mereka dalam menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat, khususnya pada upacara adat yang menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat Bali