Jelang Pilkada 2024: Polresta Denpasar dan Polsek Dentim Perkuat Sinergitas Bersama Tokoh Agama melalui Minggu Kasih

18 September 2024 11:14:06 Wita | 4 views
Gambar


Menjelang pelaksanaan Pilkada 2024, Polresta Denpasar bersama Polsek Denpasar Timur (Dentim) semakin memperkuat sinergitas dengan tokoh agama dan masyarakat. Hal ini diwujudkan melalui kegiatan Minggu Kasih yang dilaksanakan pada Jumat, (13/09/2024) pukul 20.00 wita di kediaman Haji Hasan, Jln. Drupadi XIV A, Desa Sumerta Kelod, Denpasar Timur. Kegiatan ini dipimpin oleh Kasat Binmas Polsek Dentim AKP Gede Endrawan, S.H.,M.H., didampingi Kanit Binmas Polsek Dentim Iptu I Nyoman Sujana, S.H., serta dihadiri oleh salah satu tokoh Agama Islam Di desa Sumerta Kelod, jemaah Muslim di sekitar Jln. Drupadi XIV, Bhabinkamtibmas Desa Sumerta Kelod, dan Linmas Desa Sumerta Kelod.


Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi dan sinergitas antara Aparat Kepolisian dengan masyarakat, khususnya tokoh Agama, tokoh masyarakat dan tokoh Adat dalam rangka menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif menjelang Pilkada. Melalui dialog langsung, Kepolisian berupaya mendengarkan masukan dan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat guna mencegah potensi konflik di tengah perbedaan pandangan politik maupun budaya.


Dalam diskusi, salah satu yang hadir menyampaikan kekhawatiran mengenai potensi terjadinya gesekan antar warga selama masa kampanye. Menanggapi hal tersebut AKP Gede Endrawan menegaskan bahwa Polresta Denpasar dan Polsek Dentim siap menjaga keamanan dan ketertiban dengan mengedepankan upaya pencegahan, salah satunya melalui peningkatan komunikasi lintas komunitas. Ia juga mendorong masyarakat untuk tetap menjaga toleransi dan saling menghormati perbedaan, terutama dalam suasana politik yang dinamis.


Selain itu, pihak Kepolisian juga memberikan pemahaman terkait pentingnya menjaga keamanan lingkungan melalui kerja sama yang kuat antara Aparat Kepolisian, TNI, Linmas, Pecalang dan warga. Sinergi antar instansi dan elemen masyarakat ini diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang lebih aman dan kondusif, terutama dalam menghadapi berbagai potensi gangguan keamanan menjelang Pilkada 2024.

 

Diakhir kegiatan Kanit Binmas Polsek Dentim Iptu I Nyoman Sujana S.H., juga menyampaikan harapannya agar forum Minggu Kasih ini dapat menjadi media dialog yang berkelanjutan dalam membangun kebersamaan, serta menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan harmonis, khususnya di tengah persiapan jelang Pilkada 2024.