Sinergi Bhabinkamtibmas, Babinsa, Pecalang dan Inkait Amankan Upacara Melaspas di Pura Agung Petilan

18 September 2024 11:14:41 Wita | 3 views
Gambar


Bertempat di Wantilan Pura Agung Petilan Pengerebongan, telah berlangsung Upacara Melaspas dan Mecaru Desa Adat Kesiman, Sabtu (14/09/2024) pagi. Dalam rangkaian Upacara tersebut, sinergi pengamanan antara Bhabinkamtibmas, Babinsa, Pecalang, dan instansi terkait berupaya memastikan kelancaran dan keamanan seluruh prosesi Upacara.


Bhabinkamtibmas Desa Kesiman Petilan Aipda I Made Eka Wiarta, bersama Babinsa dari Desa Kesiman Petilan, Babinsa Desa Kesiman Kertalangu, dan Babinsa Kelurahan Kesiman, serta Pecalang Desa Adat Kesiman, bahu-membahu dalam menjaga ketertiban dan keamanan seluruh rangkaian Upacara tersebut. Pengamanan ini juga didukung oleh personil dari Dishub Kota Denpasar dan Satpol PP Kota Denpasar. 


Upacara Melaspas ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, diantaranya Bupati Badung, Ketua DPRD Kota Denpasar, Walikota Denpasar, Wakil Walikota Denpasar, serta para tokoh masyarakat dan tokoh agama dari Desa Adat Kesiman. 


Tujuan dilaksanakannya Upacara Melaspas dan Mecaru yang dipimpin oleh Ida Perande Putra Bajing dari Grya Tegal Jingga ini adalah untuk menyucikan Wantilan sebagai pusat kegiatan Adat di Pura Agung Petilan Pengerebongan dan juga menjadi wujud syukur dan doa dari masyarakat Desa Adat Kesiman agar tempat tersebut dapat digunakan untuk kegiatan keagamaan dan adat dengan berkah dan keseimbangan.


Ditempat terpisah Kapolsek Dentim AKP Agus Riwayanto Diputra S.IK.,M.H., menyampaikan apresiasi atas Upaya bersama dan sinergitas antara Bhabinkamtibmas, Babinsa, Pecalang, dan instansi terkait dalam pengamanan Upacara Melaspas dan Mecaru ini. Kerjasama yang harmonis ini menunjukkan komitmen kita semua dalam menjaga keamanan dan ketertiban setiap rangkaian Upacara keagamaan dan Adat yang ada di wilayah hukum Polsek Dentim. "Kami berharap sinergitas ini terus terjaga dan diperkuat untuk mendukung setiap kegiatan masyarakat dan memastikan situasi tetap kondusif di wilayah Denpasar Timur." Ujar AKP Agus Riwayanto