Polsek Dawan Lakukan Pengaman Giat Melasti

17 September 2024 13:13:45 Wita | 7 views
Gambar

Personel Polsek Dawan dari Piket fungsi dan Bhabinkamtibmas melaksanakan pengamanan kegiatan upacara melasti masyarakat Dawan di Goa Lawah, Pesinggahan, Klungkung (17/9/2024).


Kegiatan melasti ini merupakan  upacara adat yang dilakukan umat Hindu untuk menyucikan diri dan alam semesta yang merupakan rangkaian karya Pura Puseh Dawan yang dilaksanakan di Pura Segara Goa Lawah Pesinggahan.


Personel bergabung dengan TNI serta Pecalang melaksanakan pengaturan lalu lintas sebagai upaya untuk menjaga kelancaran arus kendaraan dan keselamatan para pengguna jalan serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melakukan aktivitas keagamaan.


Personel juga ditempatkan di titik-titik strategis, seperti pintu masuk dan keluar lokasi parkir serta lokasi kegiatan upacara, untuk menjaga ketertiban dan mencegah gangguan keamanan.


Sebelumnya Bhabinkamtibmas Dawan Kaler Aiptu I Nyoman Mertayasa juga sudah berkoordinasi dengan panitia upacara untuk memastikan semua prosedur keamanan terpenuhi dan ada komunikasi yang baik mengenai jalannya acara.


Tak hanya itu personel juga menyampaikan pesan pesan Kamtibmas untuk selalu ikut menjaga keamanan diri dan wilayah sekitar, apalagi menjelang Pilkada serentak Tahun 2024, agar menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif.


Kapolsek Dawan AKP I Gede Budiarta S.H., M.H., mengatakan kegiatan pengamanan ini bertujuan untuk menghormati pelaksanaan tradisi dan adat, sambil memastikan bahwa kegiatan berlangsung tanpa gangguan dan risiko keamanan yang dapat mengancam peserta maupun masyarakat umum.