Lewat Dialog Interaktif di Stasiun Radio RRI Pro 1 Singaraja, Kapolsek Banjar Sampaikan Upaya Polsek Banjar Dalam Cipta Kondisi Jelang Pemilukada

06 July 2024 11:38:49 Wita | 51 views
Gambar

Polda Bali - Polres Buleleng, Kapolsek Banjar Kompol. Dr. I Gede Putu Semadi, S.IP.,M.Pd. kembali menyapa masyarakat Buleleng melalui kegiatan Dialog Interaktif stasiun radio RRI Pro 1 FM Singaraja Jalan Gajah Mada Singaraja. Sabtu pagi ( 6/7/2024).


Dialog Interaktif dengan tema "JELANG PEMILUKADA SERENTAK 2024, POLSEK BANJAR GELAR PATROLI CIPTA KONDISI" dipandu oleh Host Mas. IRHAS dan disiarkan langsung melalu Canal 97,9 Mhz, dan Chanel YouTube RRI Pro 1 FM Singaraja.


Kapolsek Banjar  Kompol Dr I Gede Putu Semadi, S.IP.,M Pd., nengawali kegiatan interaktif dengan menyampaian Topografi wilayah ruang lingkup tugas Polsek Banjar yang meliputi 17 Desa Dinas diantaranya Desa Gobleg, Munduk, Gesing, Kayuputih, Banyuatis, dan Desa Tirtasari kemudian Desa Sidetapa, Cempaga, Tigawasa, Pedawa, dan Banyuseri (SCTPB ) atau yang dikenal dengan istilah Baliage serta Desa Banjar, Banjar Tegeha, Dencarik, Tampekan, Temukus, dan Desa Kaliasem dengan kehidupan masyarakat yang heterogen dan dinamika perkembangan situasi Kamtibmas di masing-masing wilayah yang secara umum cukup kondusif.


Terkait dengan Upaya Polsek Banjar dalam Cipta kondisi wilayah yang kondusif menjelang Pemilukada, Kapolsek Banjar menyampaikan bahwa pihaknya bersama jajaran telah melakukan upaya-upaya kepolisian yang meliputi deteksi dini, upaya pencegahan yang meliputi Preemtif dan Preventif, serta langkah Represif atau penegakan hukum.


Upaya Preemtif seperti yang disampaikan oleh Kapolsek Banjar dilakukan melalui pemberian himbauan dan penggalangan terhadap para tokoh yang ada di masyarakat, kemudian upaya preventif dilakukan melalui kegiatan Patroli dilakukan secara rutin dan berkala baik oleh personel kepolisian Polsek Banjar sendiri maupun dengan melibatkan tiga pilar kamtibmas yaitu Koramil dan Pol PP.


"Untuk kegiatan penggalangan kita lakukan dari tingkat pimpinan maupun oleh para Bhabinkamtibmas yang ada di masing-masing desa juga melalui kegiatan terprogram seperti Jumat Curhat dan Minggu Kasih, sedangkan untuk kegiatan patroli kita ada kegiatan Blue light Patrol yang dilakukan oleh personel Polsek Banjar khususnya pada malam hari dan Patroli Tiga Pilar Bersinergi dengan melibatkan rekan kita dari TNI Koramil dan Pol PP Kecamatan," ungkapnya.

Sementara itu dalam hal penegakan hukum Kompol Semadi menjelaskan bahwa dalam upaya penindakan atau penegakan hukum (Represif) pihaknya selalu berupaya untuk melakukannya sesuai dengan prosedur yang diatur oleh undang-undang yang berlaku.

"Dalam penegakan hukum kita selalu berpaya untuk Profesional, Proporsional, transparan dan akuntabel," jelasnya.


Selain menyampaikan Perkembangan Situasi dan langkah-langkah  serta upaya Polsek Banjar dalam Menjaga Kamtibmas menjelang Pemilihan Kepala Daerah serentak, Kapolsek Banjar juga melayani /memberikan tanggapan terhadap beberapa orang warga masyarakat melalui ambungan telepbone di hotline telpon yang disediakan oleh RRI Pro 1 FM Singaraja, pesan SMS atau Whats App serta komentar di Canal YouTube.


Kapolsek Banjar pun mengajak seluruh masyarakat khususnya yang ada diwilayah Kecamatan Banjar untuk bersama -sama menyukseskan pemilukada dan ikut berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.


"Keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif dapat terwujud apabila ada harmoni antara aparat keamanan dengan masyarakat," imbuhnya.


Pada akhir acara Kapolsek Banjar Kompol I Gede Putu Semadi, mengingatkan kepada seluruh personel kepolisian untuk tetap semangat dan selalu menjaga kesehatan.


"Kepada seluruh personel polri rekan-rekan kami di lapangan untuk tetap semangat dan selalu menjaga kesehatan karena tugas kita kedepan akan semakin berat, dimana dalam waktu dekat ini kita akan menghadapi pemilihan kepala daerah mari kita laksanakan tugas kita sesuai tupoksi dengan sebaik-baiknya", Pungkas Kapolsek Banjar.