Bhabinkamtibmas Polsek Banjar Bantu Penyelesaian Permasalahan Transaksi Jual-Beli Hasil Kebun Warga

07 September 2024 11:08:09 Wita | 53 views
Gambar

Polda Bali - Polres Buleleng, Bhabinkamtibmas Polsek Banjar yang terdiri dari Aipda I Kadek Sudile Jaya,S.H., Aipda Gede Sudharma Yasa dan Aipda Made Nofa Suryajaya memberikan pelayanan kepada warga yang memiliki permasalahan terkait jual beli hasil kebun, Jumat (6/9/2024).


Adalah Made Setio als Tuli, warga Desa Banyuatis Kecamatan Banjar datang ke Pos Pol Tabog yang mana kedatangan untuk melaporkan permasalahan penjualan hasil cengkeh yang masih di pohon (Pajeg) yang berlokasi di wilayah Desa Gesing Kecamatan Banjar kepada seorang pembeli (pemajeg) dari Desa Gunung Sari Kecamatan Seririt.


Aipda I Kadek Sudile Jaya menerangkan bahwa pengaduan yang disampaikan oleh warga tersebut karena warga sekaku pemilik cengkeh yang sudah di DP sebesar 4 juta rupiah oleh pembeli dan sudah lewat perjanjian dari DP tersebut ini pembeli belum memetik atau memanen bunga cengkeh yang masih pohon hingga sudah lewat dari masa panen ideal.


"Warga merasa khawatir dan gamang karena cengkehnya belum di panen oleh pembeli padahal bunga cengkeh di pohon sudah berwarna merah dan yang bersangkutan selaku pemilik cengkeh merasa takut keterlambatan petik akan membuat pohon cengkeh mejadi rusak dan berpengaruh pada hasil panen selanjutnya," terangnya.


Bhabinkamtibmas Desa Kayuputih tersebut menambahkan atas apa yang disampaikan oleh warga pihaknya telah menyarankan kepada warga untuk menghubungi dan bermusyawarah dengan pembeli ( pemajeg ) untuk memastikan apakah transaksi  berlanjut atau tidak.


"Kami sarankan kepada pemilik untuk bermusyawarah  dengan pembeli di kantor Desa Gesing karena lokasi kebun ada di sana untuk memastikan transaksi berlanjut atau tidak, sehingga apabila transaksi tidak dilanjutkan oleh pemajeg, pemilik bisa untuk memetik atau menjual cengkeh nya kepada orang lain," Pungkasnya.