Kapolres Badung Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

01 October 2024 12:16:46 Wita | 9 views
Gambar

Kapolres Badung Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila



Mangupura - Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024, Kapolres Badung AKBP Teguh Priyo Wasono, SIK bertindak selaku inspektur upacara  (Irup) dalam Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mapolres Badung Jalan Kebo Iwa 1 Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung, Selasa (01/10/2024) pagi pukul 08.00 wita.


Turut Hadir dalam upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila,  Para Pejabat Utama Polres Badung dan Kapolsek jajaran Polres Badung serta seluruh PNPP  Polres Badung.


Tema Hari Kesaktian Pancasila Tahun ini "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas" diawali dengan Laporan Komandan Upacara, Selanjutnya Inspektur Upacara memimpin peserta mengheningkan cipta sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk mempertahankan Pancasila. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila.


Kapolres Badung menekankan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, terutama di tengah dinamika sosial yang terus berkembang, “Pancasila merupakan dasar negara kita yang harus dijunjung tinggi. Mari kita implementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam menjalankan tugas sebagai pelayan masyarakat,” ujar Kapolres AKBP Teguh.


Kapolres Badung juga menambahkan melalui upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan pada hari ini, selayaknya di jadikan momentum untuk meneguhkan komitmen kita agar lebih menghayati, mendalami dan bisa mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar masyarakat, sebagai dasar bernegara dan berbangsa.


“Pada momen peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini mengingatkan kita bahwa Pancasila bukan hanya sekedar mata sebagai teks, akan tetapi merupakan komitmen yang harus dijunjung tinggi oleh setiap Warga Negara Indonesia. Kita bersama-sama harus menjaga dan mempertahankan keberagaman serta persatuan Bangsa dalam membingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkap Kapolres Badung AKBP Teguh.


Kegiatan upacara tersebut juga diisi dengan pembacaan naskah Pancasila dan pengucapan ikrar kesetiaan terhadap Pancasila. Kapolres Badung berharap bahwa peringatan ini dapat menjadi momen untuk merenungkan kembali komitmen semua pihak dalam menjaga dan mengamalkan Pancasila di tengah masyarakat serta dapat memperkuat rasa kebersamaan dan cinta tanah air di kalangan seluruh anggota Polri dan masyarakat. (hms)