Warga Dadia Ida I Dewa Pesawahan Banjar Menggelar Upacara Ngaben, Dengan Semangat "Mebraya", Bhabinkamtibmas Lakukan Pengamanan

01 September 2024 18:26:00 Wita | 39 views
Gambar

Polda Bali - Polres Buleleng, guna mendukung kelancaran pelaksanaan Upacara Pengabenan yang di gelar oleh warga masyarakat di Desa Banjar Kecamatan Banjar, Polsek Banjar kerahkan Bhabinkamtibmas untuk melaksanakan pengamanan, Sabtu (31/8/2024).


Bersinergi dan berkolaborasi dengan Pecalang Desa Adat Banjar, Bhabinkamtibmas Desa Banjar Bripka Putu Mas Sedana melaksanakan pengamanan rangkaian upacara pengabenan yang digelar oleh warga Dadia Ida I Dewa Pesawahan Banjar di Dusun Ambengan Kecamatan Banjar.


Kapolsek Banjar Kompol. Dr. I Gede Putu Semadi, S.IP., M.Pd. mengungkapkan pengamanan kegiatan masyarakat dengan konsep mebraya dilakukan selain untuk menjaga keamanan juga untuk mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan upacara keagamaan yang digelar oleh warga Desa Banjar tersebut.


"Pengamanan kita lakukan sebagai bentuk pelayanan polri kepada masyarakat dalam hal harkamtibmas yang selaras dengan konsep Mebraya yang menjadi ciri khas kehidupan sosial masyarakat Bali," ungkapnya.


Dengan kehadiran personel Polsek Banjar yang melaksanakan pengamanan dilokasi Upacara berkolaborasi dengan Pecalang Kompol Semadi berharap dapat mencegah dan meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga stabilitas kamtibmas yang kondusif tetap terjaga.


"Kita harapkan dengan pengamanan yang kita berikan, masyarakat yang melaksanakan ritual upacara keagamaan akan merasa aman sehingga bisa fokus melakukan kegiatan," pungkasnya.