GIAT PENGUKUHAN DAN PAJAYA - JAYAAN BENDESA SERTA PRAJURU DESA ADAT YEHA, MASA BHAKTI 2024- 2029

17 September 2024 13:44:49 Wita | 8 views
Gambar

Pada hari Selasa, tgl. 17 September 2024 pukul 10.00 Wita bertempat di Pura Puseh dan Bale Agung Desa Adat Yeha, Desa Sebudi, Kec. Selat, Kab. Karangasem telah berlangsung giat Pengukuhan dan Pajaya- Jayaan Bendesa Serta Prajuru Desa Adat Yeha Masa Bhakti 2024 s/d 2029.


Hadir Dalam Giat dimaksud :


- Kementerian Agama Kabupaten Karangasem

- Ketua PHDI Kabupaten Karangasem DR. I Gusti  Ngurah Ananjaya 

- Petajuh I. MDA Kab. Karangasem Drs. I Made Putu Arianta,M.Kes. 

- Penyarikan MDA Alitan Kec. Selat I Gusti Made Budiarta

- Camat Selat I Ketut Riatma, SE, MAP

- DPRD Kab. Karangasem Fraksi Gerindra Ni Komang Molu Indah Juliani,S.M.

- Kapolsek Selat AKP I Dewa Gede Ariana,S.H.

- Danramil Selat KAPTEN INF. Marjuli 

- Babinkamtibmas Desa Sebudi  AIPTU I Made Wirta Sujana

- Perbekel Desa Sebudi  I Nyoman Tinggal,S.Pd.

- Kawil BD. Yeha I Komang Budi Artiawan

- Panitia Ngadegang  Bendesa Adat Yeha

- Bendesa dan Prajuru Anyar/baru Desa Adat Yeha

- Bendesa Adat Se-Kecamatan Selat

- Warga Masyarakat Yeha


Rangkaian Kegiatan :


A. Sebelum kegiatan pengukuhan Bendesa dan Prajuru Desa Adat Yeha, dilaksanakan Upacara Pejaya-jayaan Bendesa dan Prajuru Desa Adat Yeha yang dipuput oleh Ida Padanda Panembahan.


B. Pembukaan Giat diawali dengan Doa bersama oleh Kementerian Agama Kab.Karangasem


C. Laporan Kegiatan Kepanitiaan Ngadegang Bendesa Adat Yeha oleh Ketua Panitia  Jro Mangku Sida Guna.

 

D. Dilanjutkan pembacaan Surat Keputusan MDA Prov Bali Nomor : 172/SK-P/MDA-PBali/IX/2024 Tanggal 16 September 2024 tentang penetapan dan pengukuhan Bendesa Adat dan Prajuru Desa Adat Yeha yang dibacakan oleh Penyarikan MDA Alitan Kecamatan Selat.


Adapun susunan Bendesa dan Prajuru Desa Adat Yeha Masa Ayahan Icaka Warsa 1946 - 1951  atau Masa Bakti Tahun 2024-2029 yaitu : 


1. Bendesa Adat Yeha : Ir. I Ketut Sudia

2. Patajuh/Wakil : I Nengah Wirsana

3. Penyarikan/Sekretaris : I Wayan Diatmika

4. Juru Raksa : I Wayan Arjana



E. Dilanjutkan dengan pengukuhan Bendesa dan Prajuru Desa Adat Yeha oleh MDA  Kab. Karangasem disinkronkan dengan penandatanganan Fakta Integritas dan Berita Acara Pengukuhan oleh Bendesa dan Prajuru Desa Adat Yeha, serta penyerahan SK dan Pin Bendesa Adat.


F. Sambutan dari Bendesa Anyar Desa Adat Yeha yang pada intinya menyampaikan terima kasih kepada undangan yang sudah hadir pada hari ini, sebagai bendesa yang terpilih, Kami menyampaikan terima kasih kepada Panitia dan MDA telah melaksanakan kegiatan ini dengan aman dan lancar sehingga proses giat Pengukuhan hari ini tidak ada hambatan dan berjalan lancar. Kedepan kami sebagai Bendesa dan Prajuru Desa Adat  Yeha siap melaksanakan ayahan-ayahan, dan mohon doanya kepada krama adat Yeha agar kami dapat menjalankan ayahan-ayahan sebagaimana mestinya.


G. Sambutan dari Petajuh I. MDA Kabupaten Karangasem yang pada intinya menyampaikan Terima Kasih Kepada Panitia Ngadegang Bendesa Desa dan Prajuru Desa Adat Yeha  karena sudah ngadegang Bendesa Adat sesuai aturan yang berlaku sehingga tidak terjadi terjadi permasalahan. Diharapkan agar Bendesa Adat dan Prajuru Desa Adat yang terpilih agar tetap selalu berkordinasi apabila terjadi permasalahan-permasalahan di Desa Adat, dan melaksanakan ayag-ayahan dengan tulus ikhlas  skala/niskala.